Posted by : Alsy Taqiya Dec 5, 2015

Halo semua, apa kabar? :)

Di pos ini aku akan menceritakan tentang pengalaman belajarku di SMPN 1 Magetan yang pastinya ada senang, sedih, canda, tawa, canggung, deg an, dan lain-lain... Di SMP inilah tempatku menuntut ilmu. Di sini pula aku menemukan hal baru saat bertemu dengan teman-teman dan Bapak/Ibu guru tercinta. Baiklah, aku mulai dari kelas 7 dulu ya.. :D
Hari pertama di kelas 7, wow... aku terkesan dengan sekolah baruku yang sangat luas nan indah. Saat hari pertama itu, aku berfoto dengan teman-teman SD yang duduk-duduk di tangga.

(Aku paling atas kanan)
Ah, terkesan menyenangkan sekali bagiku di hari pertama itu. Aku kelas 7B. Pertama masuk di situ, kesannya masih canggung dan dieman lah pokoknya. Tetapi seiring berjalannya waktu, aku jadi tahu karakter temanku yang berbeda-beda seperti lucu, kompak, kadang nyenengin, sip deh pokoknya. Kadang nyebelin juga, ah tapi itulah yang mewarnai kehidupanku, sama seperti kelas 8 dan 9.
(Foto di depan kelas ~ hari-hari pertama. Dari kanan ke kiri : Siwi, Puti, Linggar, Aku, Elma, Retno, ...., Bela)

Dulu, pelajaran pertama yang kuterima kalau nggak salah adalah matematika, bu Suprapti. Beliau sip banget ngajar matematikanya... Aku dan teman-teman mudah paham. Aku mengikuti ekstra paduan suara dan bahasa Inggris. Saat pemilihan OSIS, aku dibaris paduan suara paling depan. Saat itu aku deg degan karena ya gitu deh~ xD Selain itu, hal yang berkesan bagiku adalah saat ada HUT SNESMA. Dulu aku ikut lomba Telling Story, dengan cerita "The Fox and The Crow" dan Alhamdulillah, dapat juara 3. Selain itu, ada juga lomba paduan suara yang dipilih beberapa siswa di kelas untuk berpartisipasi termasuk aku. Aku mengiringi mereka dengan keyboard. Kami latihan di rumahku. Ini dia foto saat latihan paduan suara...
(Dari atas kiri (laki-laki) : Tantra, Alvin, Faqih, Dymas, Naufal, Mamad ; Dan dari bawah kiri (perempuan) :Aku, Sherly, Puti, Siwi, Retno, Jesica, Olivia, Putri)

Wkwkwk.. terlihat kumut-kumut sekali ya?? :'v. Sepertinya siang itu panas sekali. Lanjut! Selain itu, hal yang sangat berkesan di benak pikiranku juga saat ada penjelajahan di akhir semester 1 (kalau nggak salah) dan perkemahan di Jamus di akhir semester 2. Saat penjelajahan, rutenya dulu melewati kuburan China, hutan, sungai, dan sawah. Grup pramukaku berlambang bunga Matahari. Aku dan teman-teman seperti Anisa, Nova, Jesica, Olivia, Alif, Alma, Reza, dan Putri pernah merasa takut saat guru menyuruh semua untuk mencari kertas di sekitar kuburan. Hii.. Setelah itu, semua siswa melanjutkan perjalanan ke sawah. Aku dan kelompokku penuh perjuangan melewati sawah dengan tongkat kami. Saat mau belok dan jalan licin sekali, duh! Aku terpeleset dan ditertawakan temanku. Arrgh.. lalu mereka menolongku. Kami meneruskan sepanjang jalan dengan bernyanyi lagu kelompok. Setelah itu, murid-murid harus melewati sungai yang tingginya hampir sedagu, lo! Kakak-kakak DP membantu kami semua. Jeng-jeng!! Bagiku itu tantangan seru. Karena terlalu bersemangat, saat sudah nyemplung dan mulai berjalan, fyuuh... hampir saja aku terpeleset lagi! Idih, ternyata jalan di sungai juga lumayan licin. Tetapi, untung saja aku segera memegang tongkat erat-erat. Setelah itu, tentu saja baju pramuka kami basah. "Gak papa lah, yang penting happy!" seruku dan teman-teman. Setelah itu, lanjut! Kami pun menyanyikan lagu kelompok kami, yang nadanya meniru lagu Doraemon. Wkwk, lagunya lucu pol sampai diketawai kakak-kakak Dewan Penggalang yang kece-kece itu. XD

Selain itu, walaupun sangat dingin, kegiatan perkemahan di Jamus saat itu memanglah menyenangkan, seperti membangun tenda, memasak, penjalajahan, mencari tanda-tanda di jalan, mengamati perkebunan teh di sana, menyanyikan lagu grup Matahari bersama sambil tetap berjalan, permainan, dan lain-lain. Dulu, kami sempat bertengkar gara-gara kami semua pingin mengikuti acara jalan-jalan dan padahal harus ada yang menunggu tenda. Haha.. aku dulu sempat ngambek sama nangis soalnya pingin banget keluar. Ah, udahlah~ ujung-ujungnya maafan kok:'D. O iyaa, saat malam menjelang, di tenda terasa dingiin banget... ahh, pokoknya enak deh di dalam tenda sama teman-teman. Sayangnya aku nggak punya foto kenangan.. *Huaa (T⌓T)*

Selain itu, hal yang membekas di memoriku adalah saat malam PERSAMI di sekolah, entah, aku lupa kapan terjadinya. Saat itu, murid-murid kelas 7 berkumpul di halaman sekolah di malam hari. Kami semua menonton film produksi sekolah kami sendiri, SNESMA, yakni film berjudulkan "Menggapai Matahari" yang diperankan oleh alumni kakak-kakak kelas. Ahh, ceritanya bagus dan menyentuh banget. Sungguh keren sekali akting kakak kelas. Ditambah, saat hati sedang tersedu-sedu, di bagian akhir video ada lagu "Moonlight" dan "Kiss The Rain" yang merupakan lagu piano dari pianis Yiruma kesukaanku. Saat itu, aku tambah sedih melihat alur ceritanya dan mendengar lagunya yang pas sekali di malam sunyi. ~_~ Pokoknya, sesuatu banget deh, hehe. (´∀`*) O iyaa, saat ada program kampung Inggris, saat itulah aku kenalan dengan Rembulan Sonya Wening, alias Bulan-chan saat diajarkan bahasa Inggris sebulan di sekolah sebelum berangkat ke Kediri. Awalnya, aku kenalan dengannya. Orangnya ramah dan baik sekali. Kami punya satu hal favorit yang sama, yakni melihat anime. Hehe... kami juga suka bahasa Jepang juga, walaupun cuma sedikit kosakata yang kami tahu saat itu. Bahkan sampai sekarang pun, dia anaknya tetap ramah dan humoris. O iya, aku juga punya teman akrab namanya Siti Mutoharoh, alias Siti. Aku kenal anak itu karena kami pulang sekolah lewat jalan yang sama. Dia juga pendiam, tetapi dia orangnya ramah juga. Sampai sekarang, orangnya tetap menjadi teman baikku. Dulu kita duduk bersama saat study tour di Bali kelas 8. Selain itu, aku pernah terlambat sekolah padahal rumahku dekat dengan sekolah. Saat itu, aku malu sekali ketika aku tidak disiplin sedangkan beberapa temanku sedang mau berangkat lomba MIPA, memasang wajah ceria dan penuh optimis... Sedangkan aku dihukum sama guru. (╥_╥) Selain itu, ada juga yang membuatku semangat, yakni saat senam setiap hari Jum'at karena melihat temanku yang senamnya semangat banget gerakannya, wkwkwk. !(^O^)y Menjelang kenaikan kelas, aku, Rizda, Mita, dan Galih yang bukan sekelas, manggung di acara perpisahan kelas 7,8,9 di aula.
*gladi bersih di kelas 7B sebelum gladi bersih di aula~ dari kanan : Rizda, Galih, Aku, Mita*

Aku mengiringi mereka lagu "Kenangan Terindah" dengan keyboard. Senang susah pasti ada. Lanjut!

Di kelas delapan, teman sekelasku baru. Perkenalkan, kami sobat ELFASA (Eight L Family of SNESMA). Di kelas ini sangat menyenangkan. Kami tidak melihat kekurangan dan kelebihan antar teman. Tak ada rasa tegang. Di sini aku jadi lebih santai. Bisa dibilang, kami itu kompak, kece, dan rame. Saat ada karya wisata di Bali, kami kompak sekali berfoto di Tanah Lot dengan bu Retno, wali kelas kami.
(Dari kiri ke kanan atas : Aku, Dhini, Anisa, Tion, Asa, Salma, Diva, Bu Retno, Mayang, Neta, Retno, Prias, Hera, Nabila. Dari kiri ke kanan bawah : David, Hanafi, Husein, Damar, Aldo, Teguh, Jatmiko, Ferdy, Aziz ~ siswa kurang lengkap)

Oiyaa, di kelas ini aku heran, mengapa mulai banyak yang nge-fans sama aku, hu hu. (─‿─) Entah kenapa, aku ga begitu paham. Di kelas kami kompak selfie menjelang kenaikan kelas dengan guru-guru yang mengajar kam

Senangnya bisa berteman dengan mereka...agak (^o^)/Saat ada lomba HUT SNESMA yang salah satu lombanya "Foto Kelas" kami memilih berfoto di tangga sekolah dan memakai baju merah putih. Ini dia fotonya :
*Foto di atas diambil ketika sudah difigura*

Selain itu, di kelas 8 aku pernah dipilih masuk kelas khusus A mata pelajaran bahasa Inggris dan bahasa Indonesia. Saya senang dengan program itu walau kadang ada yang canggung, seperti nada "Flight of The Bumblebee." pada tanggal 22 Februari 2015 di SMAN 1 Maospati, aku diikutkan lomba Telling Story dengan Alya, ketua OSIS di sekolahku. Setelah latihan keras, di tanggal itu kami mulai bersaing dengan peserta lainnya. Aku membawakan cerita rakyat "Malin Kundang" sedangkan cerita Alya berjudul "Danau Toba/Toba Lake" Setelah itu, ada beberapa hiburan dan jeng-jeng!! Akhirnya para juri akan membacakan hasil penilaian. Alhasil, aku tidak dapat juara sedangkan Alya mendapat juara tiga. Sepanjang jalan pulang di mobil, aku menangis. Wkwkwks.. *ah, aku cengeng ya!* Aku pun menyadari kesalahanku. Ahh, memang saat itu aku sedih sekali dan aku berusaha untuk menenangkan hati. Setelah itu, aku berusaha meyakinkan diriku untuk menjadi yang lebih baik dan kutenangkan pikiranku dengan tidur siang. ZzZzzzzz..... Menjelang kenaikan kelas, ada acara perpisahan lagi. Tetapi sebelumnya kami sempat berfoto. :D
Karena di ELFASA ini aku jadi lebih tahu arti persahabatan, aku coba untuk menulis puisiku berjudulkan "Teman ELFASAku" yang ceritanya tentang tangis, canda, tawa. Alhamdulillah, puisiku dipilih dan tetbit di majalah akhir SNESMA yang dapat diterima menjelang kenaikan kelas. Di acara perpisahan, kali ini aku tidak mengiringi keyboard dengan teman lain. Aku bermain beberapa lagu piano sendiri di acara pertama. Itu pun aku tak menyangka Pak Toni menyuruhku langsung tampil dan mengulang-ulang lagu sambil menunggu semua murid memenuhi ruangan aula. Uggh... jari-jemariku menjadi bergetar saat aku lihat murid kelas 8 pertama yang masuk ke aula. Aku jadi grogi, ditambah pada tengah lagu yang aku mainin tiba-tiba mati lampu. Pett.. aku disorakin semua murid baik kelas 7,8,9 "Horeee..Yeee...." saat aku tak bisa melanjutkan laguku. Hal itu membuaku grogi sekaligus kacau, sehingga banyak yang salah pencet, wkwkwk. X'D Oke, lanjut!!

Yap! Sekarang aku kelas 9, di mana harus fokus ke ujian. Ujian? Iya, harus dipersiapkan dengan baik. "USIA KALIAN TINGGAL BEBERAPA BULAN LAGI DI SINI." - kata-kata yang mak-nyes. Aku siswi kelas 9B dimana teman sekelasku kembali seperti teman sekelas kelas 7 lalu. Di kelas ini, aku rindu dengan momen-momen di ELFASA. Ah, tak apalah~ Oh iya, di kelas 9 ini tepatnya pada 26 Oktober 2015 aku dan Alya diikutkan lomba Telling Story lagi dalam rangka ultah SMADA. Kala itu, aku bercerita "Jack and The Beanstalk" sedangkan Alya tetap "Toba Lake." Kami latihan selama seminggu. Ibuku-lah yang berperan besar dalam melatihku. Ia mendukungku sampai-sampai membuatkanku properti pohon dan makanan raksasa. :3 Beliau berpesan apabila aku kalah, nggak boleh nangis. *wkwk* Kali ini, aku bakal terima apa adanya. Kalah pun tak apa. Alhasil, alhamdulillah, aku dapat juara 3.  resi, dan hal-hal yang tak penting sampai membuatkanku properti pohon dan properti makanan raksasa. Setelah latihan yang cukup, di hari Senin, 26 Oktober 2015 ayahku mengantarkanku ke SMADA. Telah kutanamkan rasa beraniku dan hari itu aku berjanji untuk menerima apa adanya. Aku tak akan menangis jika kalah. Aku siap menang, dan siap kalah. Alhasil, setelah pengumuman kejuaraan, aku terkejut dan senang ketika dinyatakan juri dapat juara 3, sedangkan Alya mendapat juara harapan 1.
Setelah itu, aku langsung SMS ibuku, mengucapkan terimakasih atas dukungan dan do'anya. Ketika dijemput, ayahku turut senang mendengar aku mendapat juara. Begitulah rasa senang di kelas 9 ini... hehe...

Waktu pun bergulir, sebelum UN aku sempat nulis cerpen dan puisi tuk majalah terakhir yang bakalku dapat dari SNESMA, yaitu puisi tentang guru dan sebuah cerpen perpisahan. Keduanya pun terbit di majalah setelah perpisahan berlalu. Ya, setelah menghadapi komputer yang tertera soal-soal UN. Saat pra-acara ATAMBE, aku dan Bulan tampil untuk menyanyikan lagu 'River Flows In You' sambil ku bermain keyboard dan satu lagi lagu Yiruma 'Love Me' yang liriknya kami buat sendiri dalam bahasa Indonesia tentang sebuah persahabatan yang ditengah seakan konflik yang akhirnya ada sebuah resolusinya.

Waktu pun tak pernah berhenti, Beberapa minggu setelah itu aku pun pindah ke Kediri. Hmmm... memang agak berat tuk tinggalkan semua. Yang tak kalah penting bagiku, adalah semuanya. So everything. School, teachers, friends, lovely people i've ever met and so on.... Thanks for everything. :""

Sudah deh, cukup sekian dari pengalaman belajarku di SMPN 1 Magetan ini. Pokoknya, terkesan menyenangkan, menantang, seru, indah, bersih, dan ramah. Maaf kalau terlalu panjang, hehe..( ^∇^) Nanti, saat menjelang ATAMBE sekolah, insha'Allah segera ku tambahkan pengalamanku. Terima kasih dan sampai jumpa di pos berikutnya, ya~ (o^^)o

Leave a Reply

Comments Below Here~

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © Sekai no Himitsu~ - Alsy Taqiya - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -